Rabu, 01 Oktober 2014

Salamah bin Yazid al Ju'fiy RA

Salamah bin Yazid pernah bertanya kepada Rasulullah SAW "Wahai Nabi Allah, bagaimana pendapat tuan, jika seandainya di tengah-tengah kami diangkat seorang pemimpin, yang mana mereka menuntut kami akan hak mereka, tetapi mereka tidak mau memenuhi hak kami!! Apakah yang tuan perintahkan kepada kami?"
Walau Nabi SAW dengan jelas mendengarnya, tetapi beliau mengabaikannya, seolah-olah beliau tidak suka dengan pertanyaan tersebut. Tetapi Salamah tidak menangkap/mengerti isyarat tersebut, sehingga ia mengulangi pertanyaannya. Akhirnya beliau bersabda, "Dengarkan dan taati mereka, karena sesungguhnya mereka akan dimintai pertanggung-jawaban atas kewajiban mereka. Dan kamu juga akan dimintai pertanggung-jawaban atas kewajiban kamu!!"
Tentunya dalam mentaati mereka, yakni para pemimpin atau penguasa (ulil amri), sejauh ketaatan tersebut  tidak menyalahi ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.
Memang, dalam kesempatan lain beliau pernah berpesan kepada para sahabat, mungkin saat itu Salamah tidak hadir di antara mereka, "Sesungguhnya setelah aku nanti telah tiada (wafat), akan muncul orang-orang yang mementingkan dirinya sendiri (termasuk para pemimpin /penguasa) dan akan muncul pula hal-hal yang kamu anggap mungkar!!"
Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah yang tuan perintahkan kepada kami (jika mengalami masa itu)?"
Beliau bersabda, "Kamu harus menunaikan kewajibanmu, dan (hendaklah) kamu memohon kepada Allah atas apa yang menjadi hakmu…!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar